Sabtu, 11 April 2015

10 Maskapai Penerbangan Terbaik di Dunia Tahun 2014

Garuda Indonesia salah satu maskapai penerbangan terbaik dunia 2014 versi Skytrax

Persaingan selalu ada dalam berbagai bidang termasuk dalam dunia penerbangan. Berlomba-lomba dalam memberikan harga tiket pesawat yang terjangkau tapi dengan kualitas pelayanan yang prima serta pelayanan menarik lainnya menjadi alasan agar konsumen memilih terbang bersama maskapai penerbangannya. 
 
Penghargaan kepada Garuda Indonesia sebagai salah satu maskapai penerbangan terbaik dunia 2014 versi Skytrax
 
 
Tetapi konsumen maskapai penerbangan dunia sekarang sudah cerdas dalam memilih maskapai penerbangannya. Mereka tidak lagi melihat harga murah tetapi layanan dan keselamatan pas-pasan bahkan diabaikan. Mereka akan mencari maskapai penerbangan terbaik untuk mengantarkannya ke berbagai belahan dunia. 

Bermodalkan data kepuasan penumpang terhadap layanan dari seluruh maskapai penerbangan dunia, baik kelas ekonomi hingga kelas eksekutif, jarak jauh maupun jarak pendek. Serta ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan. Maka dipilihlah 10 Maskapai penerbangan terbaik di dunia tahun 2014 versi Skytrax dan berhak mendapatkan penghargaan Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia atau World Airline Awards. 

Penghargaan versi Skytrax tahun 2014
 

Berikut Daftar 10 Maskapai Penerbangan Terbaik Secara Umum di Dunia 2014
  1. Cathay Pacific 
  2. Qatar Airways 
  3. Singapore Airlines 
  4. Emirates 
  5. Turkish Airlines 
  6. ANA All Nippon Airways 
  7. Garuda Indonesia 
  8. Asiana Airlines 
  9. Etihad Airways 
  10. Lufthansa 

Rabu, 08 April 2015

Pergumulan Batin Para Pramugari, Si Awak Kabin yang Cantik

Orang awam hanya tahu kalau jadi pramugari itu: 

1. “Enak ya, bisa terbang kemana-mana…” 

Iya, enak bisa jalan-jalan via dokumenpribadi
Benar: enak kok terbang kemana-mana, dibayarin pula. Bisa traveling ke satu negara ke negara lainnya dengan biaya minim, bahkan difasilitasi maskapai penerbangan tempat mereka bekerja. Siapa yang nggak mau?

2. “Gajinya pasti gede ya!”

punya gaji yang besar via paydayloancook.com
Padahal kalau masalah gaji, ya tergantung maskapai penerbangannya juga sih. Nggak semuanya juga punya penerbangan internasional, apalagi menggaji para pegawainya pakai dolar!

3. Gak Semua orang tahu kalau jadi pramugari itu susah, gak cuma jual tampang doang!

Tes masuk pendidikan pramugari susah via yogaslavianarmy.wordpress.com
“Jadi pramugari ‘kan cuma harus cantik, ganteng dan tinggi!”
Masih banyak yang beranggapan bahwa kamu cuma harus berwajah cantik dan bertubuh tinggi buat jadi pramugari. Memang sih, biasanya maskapai penerbangan bakal menerapkan syarat tinggi badan: 158-160 cm untuk wanita, dan 165 cm untuk pria.
TAPI SYARAT JADI AWAK KABIN GAK CUMA ITU DOANG! Ada syarat lain yang dicari semua maskapai dalam diri pramugari dan pramugaranya: kemampuan berkomunikasi yang baik, kesabaran, dan kemampuan berbahasa asing.
Menurut wawancara yang Hipwee lakukan dengan salah satu pramugari sebuah maskapai ternama, setidaknya ada 7 tahap yang harus dilalui jika seseorang ingin jadi pramugari. Dan demi lolos tes-nya, modal tampang aja nggak cukup!

4. Gak jarang pramugari sering dikira “hamba sahaya di udara” oleh para penumpang

Tidak, kami bukan hamba sahata via indocashregister.com
Banyak penumpang yang masih memperlakukan para pramugari sebagai “hamba sahaya” di udara. Misalnya, ada penumpang yang bakal nyuruh-nyuruh pramugari mengangkat tas ini dan kardus itu ke bagasi kabin. Ada juga yang nyuruh mereka ngebukain tutup botol minuman atau menyuapi anak balita penumpang!
Sebenarnya tugas utama pramugari itu cuma membuat penumpang merasa nyaman. Mereka juga harus siaga jika terjadi keadaan darurat di pesawat. Eksistensi mereka bukan alasanmu buat jadi bayi dewasa nan manja di udara! *tiup-tiup kuku*

5. Pramugari juga sering dikira doyan hura-hura

Doyan hura-hura?
X: “Eh, jadi pramugari itu kok belanja terus sih? Make up aja ada anggaran khususnya!”
Kamu: “Ya iyalah, emang kamu mau ngeliat pramugari yang mukanya kumal?” *huft* *tarik napas* *dandan salah, nggak dandan salah!*
Pekerjaan pramugari menuntut mereka buat selalu tampil maksimal. Baju gak rapi, rambut yang digerai, bahkan burket aja haram hukumnya. Ini semua karena pramugari adalah representasi dari maskapai penerbangan tempat mereka bekerja.
Selain itu, pekerjaan mengharuskan mereka traveling kemana-mana. Bukankah wajar kalau mereka jadi sering beli oleh-oleh buat keluarga?

6. Jadi pramugari membuatmu harus selalu ramah, bahkan ketika penumpang bersikap nggak sopan

Harus selalu senyum setiap waktu
Padahal belum tentu jutek loh. Terkadang ada pramugrari yang harus bersikap sedikit judes begitu karena sikap penumpang yag tidak mau taat aturan di dalam pesawat.
“Pramugari/pramugara juga manusia, kami bukan Tuhan yang harus selalu sempurna.”



Dibalik itu semua, ada fakta yang harus dilakoni si pramugrari yang tidak banyak orang tahu:

7. Pola tidur  jadi  kacau karena jadwal penerbangan yang beragam

jam tidur yang berantakan via memey.com
Orang awam melihat pramugari itu sepertinya bekerja di satu jalur penerbangan saja. Padahal, satu pramugari harus siap ditugaskan kemana saja dengan jam terbang yang macam-macam. Hari ini dia harus terbang di pagi hari, dan bisa saja keesokan harinya dia harus terima jadwal penerbangan tengah malam ke luar negeri.
Belum lagi kalau ada perbedaan waktu antara Indonesia dan negara/kota yang dituju. Jetlag pun dialami si pramugrari/pramugara. Bayangkan, jam tidur mereka pun jadi tidak teratur seperti orang kebanyakan. Saat kita akan terlelap tidur, pasti ada yang harus sudah bangun dan siap berdandan untuk penerbangan pagi.
“Kalo early morning flight, misal jam 6 pagi, FA (flight attentdant) harus sudah dijemput jam 3 pagi, kebayang kan bangun jam 2 buat dandan. Disaat yg lain baru tidur, FA sudah harus siap. Pola tidur kacau, akibat schedule terbang yang jam terbangnya macam-macam, misalnya hari ni schedule subuh, besok schedule tengah malam.” (W, 25, pramugari)

8. Punya waktu libur itu seperti menemukan harta karun yang terpendam

Libur itu berharga via oi40.tinypic.com
Sistem kerja yang berbeda dari orang kantoran, membuat si pramugari harus pintar mencari waktu libur. Kalau pun ada waktu libur, itu ibarat menemukan harta karun yang terpendam. Rasanya bahagia banget bisa dapat hari libur.

9. Ikhlas melewatkan momen penting bersama orang tercinta demi tugas terbang

harus rela melewatkan momen bersama orang terkasih via www.flickr.com
Karena jadwal penerbangan yang sudah ada yang atur, pramugrari pun harus taat dengan agenda yang ada. Tak jarang mereka harus rela melewatkan momen-momen penting bersama orang terkasih karena harus memenuhi panggilan wajib terbang. Di saat sanak saudara berkumpul demi merayakan hari ulang tahun ibunda tercinta, si pramugrari hanya bisa menyaksikan lewat foto yang dikirim ke ponselnya. Atau, di saat kakak tercinta harus menikah, si pramugrari/pramugara hanya bisa mendoakan dari udara.
Belum lagi saat ada hari-hari besar, seperti Natal atau Idul Fitri, awak kabin pun harus rela menghabiskan hari-hari libur mereka di atas udara. Merayakan natal di pesawat, atau saling bersilatuhrami di udara saat Idul Fitri.

10. Seorang pramugari bisa mendapat pelajaran yang tidak semua orang dapat: Cara tersenyum yang baik dan benar

Bisa tahu cara tersenyum yang baik via pramugariblog.wordpress.com
Kalau kita lihat, banyak pramugrari selalu tersenyum. Kadang kita pun jadi berpikir, apa mereka nggak capek ya harus senyum terus?
Well, tersenyum itu adalah salah satu bagian kecil dari pekerjaan mereka. Memberikan senyuman dan sapaan hangat untuk orang banyak menjadi ciri khas mereka. Banyak yang tidak tahu, mereka pun harus diajari bagaimana tersenyum yang baik, supaya kelihatan tulus dan ramah di depan penumpang.
Ternyata, senyum pun ada triknya ya!

Juga bagaimana cara menggelung rambut yang sesuai prosedur

Menggelung rambut pun ada prosedurya via skydewi.wordpress.com
Bro…gelung rambut aja ada prosedurnya, Bro!

 11.  Profesi ini mengharuskanmu selalu tampil menarik setiap waktu demi menyambut tamu

Demi menyambut tamu, kamu harus selalu tampil menarik via forumpramugari.wordpress.com
Berpenampilan menarik setiap saat menjadi ciri khas lain profesi pramugari. Bukan tanpa alasan mereka lakoni hal ini. Bayangkan, kalau kamu harus bertemu orang banyak setiap harinya dan penampilanmu lusuh, tidak rapi.
Hatimu senang nggak disambut dengan penampilan seperti itu? Nggak kan? Nah, begitu juga dengan si pramugrari yang harus menyapa penumpang setiap harinya. Mereka juga memastikan orang-orang yang akan naik pesawat itu mendapatkan pelayanan yang baik dan perjalanan mereka lancar sampai tujuan.

 12. Profesi pramugari adalah profesi yang membutuhkan kesabaran tinggi

Profesi yang membutuhkan kesabaran ekstra via www.flickr.com
Saat naik pesawat, pasti ada saja kejadian yang membuat kita geleng-geleng kepala. Entah itu ada penumpang yang gondok karena makanan yang tersedia tidak sesuai hati, atau ada juga penumpang yang tidak terima diajari oleh si pramugrari tentang sabuk pengaman atau geram karena disuruh mematikan ponsel saat mau lepas landas.
Kejadian yang begini harus membuat awak kabin mengelus dada dan menyiapkan hati dan pikiran yang super sabar. Mereka harus siap menerima segala keluhan dan geraman penumpang, dan harus meredam kekesalan dengan cara mereka sendiri. Padahal mereka bermaksud baik loh, memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang lain, tapi ada saja penumpang yang nggak suka diperingatin,


Di balik penampilannya yang menarik…

13. Mental yang kuat menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi harus dimiliki seorang pramugari/pramugara

Jangan anggap remeh mereka via www.chinadaily.com.cn
Kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi di dalam pesawat. Baru ada guncangan (turbulance) sedikit, pasti kita sudah jantungan. Bayangkan, pramugrari  yang harus terbang setiap hari dan mengalami guncangan dalam pesawat, mental mereka sudah disiapkan untuk segala kemungkinan buruk yang akan terjadi. Saat ada kejadian tidak mengenakkan, orang pertama yang menenangkan seisi pesawat adalah si pramugrari/pramugara.
Jadi, kalian masih melihat pramugari/pramugara itu pekerjaan yang enak dan nyaman?

14. Mereka harus siap berganti profesi secara tiba-tiba di udara

harus siap jadi dokter mendadak via www.thestar.com.my
Bayangkan, kalau di udara ada yang tiba-tiba harus melahirkan? Kalau nggak ada dokter, pramugrari harus rela turun tangan membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan darurat. Mereka harus siap jadi dokter, suster kalau ada yang sakit. Harus siap jadi polisi kalau ada pembajakan atau tindakan kriminal di udara. Terkadang, harus rela jadi psikiater juga, kalau ada penumpang yang curhat.
Banyak hal yang harus dipelajari untuk menjadi seorang awak kabin yang baik. Bukan hanya belajar berpenampilan menarik, tapi mereka juga belajar untuk menjadi seseorang yang serba bisa di udara. Angkat topi untuk para awak kabin dimana pun mereka berada!

15. Perlu pandai membawa diri juga saat melayani orang-orang besar

Harus pandai membawa diri saat melayani orang besar via indocashregister.com
Terkadang ada orang-orang besar yang harus dilayani. Pramugari dan pramugara perlu punya keluwesan tinggi demi memenangkan hati mereka. Saat harus melayani tamu VIP, usaha yang diberikan juga harus ekstra.

16. Di balik penampilan mereka yang menarik dan menawan, tersimpan sebuah perjuangan besar

Pekerjaan yang harus tulus dari hati via mitsueki.wordpress.com
Bagi mereka yang memutuskan untuk menjadi pramugari/pramugara, itu adalah keputusan yang cukup berat. Harus rela meninggalkan orang-orang terkasih demi panggilan tugas terbang, belum lagi profesi ini juga menuntut mereka memastikan keamanan dan perlindungan ratusan jiwa di dalam pesawat.
Perjuangan menjadi pramugari pun juga tidak mudah. Ada banyak hal yang harus mereka jalani: mulai dari tes fisik, tes dandan, tes kesehatan, tes kepribadian, dan pelatihan menghadapi kondisi darurat di udara. Bayangkan, mereka harus menjalani persiapan yang tidak main-main hanya untuk memastikan perjalanan kita lancar dan nyaman.

17. Inilah mereka. Sosok terdepan di udara: pramugari, awak kabin cantik yang selalu siap membantu kita

Sosok terdepan di udara via www.globalindonesianvoices.com
Pramugari dan pramugara menjadi sosok terdepan jika terjadi apa-apa di udara. Di balik penampilan mereka yang anggun dan menawan, mereka menyimpan kekuatan luar biasa. Belum tentu kamu bisa membuka pintu pesawat yang beratnya berpuluh-puluh kilogram atau membantu evakuasi jika terjadi pendaratan darurat.
Merekalah yang memastikan kenyaman dan perlindungan kita selama duduk diam di pesawat. Instruksi yang diberikan saat lepas landas bukan hanya pajangan, itu menjadi tugas dan kewajiban mereka. Jadi, kita sebagai penumpang jangan abaikan instruksi yang ada. Kita harusnya juga bisa membantu mereka selama perjalanan di udara dengan cara menjadi penumpang yang taat aturan.

Setelah membaca ini, ada baiknya kamu harus mengingat lagi, bagaimana sikapmu terhadap mereka yang menjadi tumpuanmu saat di pesawat. Nyawamu di udara, berada di tangan awak kabin, pilot dan teknisi. Jadi, kalau ada yang nggak beres, jangan langsung menyalahkan pramugarinya, mungkin ada tindakan penumpang yang bisa mengancam keamanan saat di udara.
Ingat guys, apa pun profesi mereka, seharusnya kita bisa saling menghargai. Setiap profesi itu tidak mudah untuk dijalani. Buat kamu yang ingin menjadi pramugari/pramugara, semoga artikel ini bisa menguatkan niat tulusmu untuk mewujudkan mimpi!

Kamis, 02 April 2015

Profesi Pramugari Tetap Menjadi Pilihan


Kebutuhan sumber daya manusia (SDM) profesional di bidang industri jasa penerbangan, termasuk pramugari, juga semakin meningkat pesat. Hal ini seiring dengan pertumbuhan industri di sektor jasa penerbangan yang sangat pesat setelah diterbitkannya PP No. 40/2000.
Kebutuhan pramugari dan awak kabin lainnya juga meningkat dengan ditandai semakin banyaknya operator penerbangan serta pembukaan rute-rute penerbangan baru. Di sisi lain, peristiwa jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, mungkin menyisakan pengalaman traumatik.
Kecelakaan yang tidak disangka-sangka dari pesawat canggih asal Rusia ini juga, nampaknya, akan menjadi salah satu pertimbangan besar bagi siapa pun yang bercita-cita menjadi awak kabin ataupun pramugari. Tapi, apa pun alasannya, menjadi pramugari adalah hal yang menyenangkan.
Direktur Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari (PSPP) Lampung Maya Agustiya Sari, S.E. menegaskan, faktanya, walaupun terdapat kecelakaan transportasi udara, minat masyarakat untuk menjadi pramugari tidak berkurang. Alasannya, semua pekerjaan di darat, laut, maupun udara memang mengandung risiko.
    ’’Lagi pula yang namanya jodoh, rezeki, dan maut itu Tuhan yang mengatur. Jadi manusia tidak perlu khawatir. Yang harus kita lakukan adalah mencari rezeki yang halal, apa pun profesinya. Termasuk menjadi awak kabin,’’ urai Maya kepada Radar Lampung kemarin.
    Perempuan berambut panjang ini melanjutkan, menjadi pramugari tidak hanya menyenangkan, namun juga membanggakan karena tidak semua orang bisa menjadi awak kabin. Hanya orang-orang dengan kriteria tertentu yang menyandang profesi itu.
Maya mencontohkan, menjadi pramugari memang harus berpenampilan menarik, berpostur tubuh tinggi, ramah, santun, dan cerdas. Semua orang mengakui kecantikan dan keluwesannya dalam memberikan pelayanan yang sempurna terhadap para penumpang.
    Sisi kehidupan pramugari juga bisa disejajarkan dengan selebritis. Pramugari pun dapat bekerja sambil berkeliling dunia dan bertemu dengan banyak orang dari latar belakang negara yang berbeda. Itu berimbas dengan relasi yang banyak dan berkemampuan berbahasa yang mumpuni.
’’Pramugari juga dapat masuk dalam kalangan masyarakat ekonomi menengah ke atas,” tutur Maya.
    Ia melanjutkan, kecelakaan pesawat sendiri merupakan risiko kerja dan hanya satu berbanding seribu dengan peluang baik. Jadi tidak perlu takut menjadi pramugari karena kecelakaan pesawat tidak selalu terjadi. ’’Kecelakaan bisa terjadi di mana saja,’’ ungkapnya. (nui/c2/dna)

Yang Dilakukan Pramugari dalam Pesawat

    Anda pernah membaca kisah Steven Slater, pramugara JetBlue Airlines yang nekat keluar dari pesawat karena kesal dengan ulah penumpang? Muak dengan ulah seorang penumpang perempuan yang sulit diatur, Slater meraih intercom untuk mengucapkan selamat tinggal, mengambil bir di dapur, lalu membuka pintu pesawat, menggelar parasut untuk evakuasi, lalu meluncur keluar.
Ketika itu, JetBlue flight 1.052 baru mendarat di Bandara JFK, New York City, dari Pittsburgh, sedang berjalan perlahan menuju gate di bandara. Insiden itu membuat Slater ditahan polisi. Ulah Slater memang tidak bertanggung jawab, namun alasan di balik tindakan nekatnya bisa dimengerti. Ulah penumpang yang semaunya sendiri menjadi santapan sehari-hari awak kabin di penerbangan manapun.
Maka, untuk membuat penerbangan menjadi aman dan nyaman (serta tepat waktu), ada baiknya Anda mengetahui apa saja yang dihadapi pramugara/i di atas pesawat:

1.    Memastikan Keselamatan Penumpang
Orang sering menganggap peraturan di dalam pesawat itu mengganggu, tapi sebenarnya ada alasan di balik setiap aturan itu. Yakni menjaga keselamatan Anda.

2.    Bekerja Sama Akan Sangat Membantu
Anda bisa membantu penumpang lain, seperti tidak berlama-lama berdiri di lorong ketika akan menyimpan barang di overhead bin. Bantu juga penumpang yang kesulitan menyimpan barangnya.

3.    Bukan Restoran di Udara
Selalu ingat bahwa penerbangan bukanlah suatu tempat fine dining. Maskapai penerbangan tidak selalu menyiapkan 100 persen pilihan hidangan yang ada di buku menu. Jadi, Anda harus menerima jika apa yang Anda minta tidak tersedia.

4.    Jangan Lupa ’’Tolong" dan ’’Terima Kasih"
Tugas pramugari memang melayani Anda, tapi tidak berarti mereka bisa disuruh-suruh oleh penumpang. Sangat berarti buat pramugari kalau orang membalas sapaan ’’Selamat pagi'’ ketika mereka menegur penumpang.

5.    Mabuk di Atas Ketinggian 35.000 Kaki
Jika Anda mulai terlihat mabuk atau sulit diatur, pramugari bertanggung jawab untuk mengontrol situasi itu. Kalau pramugari juga sudah melihat bahwa Anda terlalu banyak minum, mereka akan tetap memberikan minuman, tapi tidak sepenuhnya berisi alkohol.

6.    Mata dan Telinga Pilot
Karena pilot tidak bisa melihat ke dalam area penumpang, mereka bergantung pada mata dan telinga pramugari. Pramugarilah yang harus waspada dengan apa yang terjadi di dalam pesawat dan menginformasikan pilot bila ada situasi darurat.

7.    Intim ketika Take-off dan Landing
Pembicaraan paling intim terjadi ketika take-off, taxiing (ketika pesawat baru mendarat dan berjalan perlahan menuju gate di bandara), dan landing. Ketika itulah terjadi ikatan antara penumpang dan awak kabin.

8.    Masuk Toilet Harus Ada Waktunya
Jika seseorang sedang menggunakan toilet, pramugari harus memberi tahu pilot dan pilot harus menghentikan pesawat (jika sudah bersiap take-off) sampai penumpang kembali ke kursinya serta mengencangkan sabuk pengaman.

9.    Tiga Kali Lipat Lebih Lelah
Pramugari biasanya sudah harus siap di pesawat satu jam sebelum penumpang bersiap untuk penerbangan. Bahkan beberapa jam sebelumnya, mereka sudah harus ada di bandara. Jadi jika Anda merasa lelah, kalikan kelelahan itu tiga kali untuk memahami betapa melelahkan tugas seorang pramugari.

10.    Bertemu Penumpang adalah Hal Paling Menyenangkan
Salah satu bagian favorit pramugari dari pekerjaannya adalah mendapatkan obrolan yang berarti dengan orang-orang yang menyenangkan. Pramugari banyak belajar hal baru dari sini. (dbs/c2/dna)